Kerja Insulin

Insulin Bekerja Bagaikan Kunci

Makanan kita setelah dicerna akan dipecah menjadi monosakharida yang sebagian besar adalah glukosa. Glukosa ini selanjutnya diserap melalui dinding usus masuk ke dalam peredaran darah. Agar bisa diubah menjadi energi maka glukosa tersebut harus berada dalam sel jaringan Untuk itu diperlukan hormon insulin.

Hormon insulin dihasilkan oleh sel b pulau Langerhans yang berada di dalam kelenjar pankreas. Dalam proses masuknya glukosa dari aliran darah ke sel-sel jaringan tubuh (misalnya sel otot) insulin berfungsi bagaikan sebuah kunci. Insulin bertugas membuka pintu sel jaringan, memasukkan glukosa ke dalam sel, dan kemudian menutup pintunya kembali dengan jalan menyinggung receptor insulin yang berada di pintu masuk pada dingding sel. Pada saat kadar glukosa darah naik, karena kita baru makan misalnya, maka insulin akan dikeluarkan dari kelenjar pankeas kemudian masuk ke aliran darah. Sebagian dari insulin (sekitar 50%) akan menuju ke receptor. Bila kadar insulin cukup serta fungsi aktivitasnya tidak terganggu, maka kelebihan glukosa pada darah segera dikirim ke dalam jaringan sel otot untuk proses metabolisme selanjutnya. Dengan demikian kadar glukosa darah menjadi normal kembali dan jaringan sel mendapatkan energi yang cukup.


 
Insulin Pada Manusia Sehat Dan Penderita Diabetes Millitus

Manusia Sehat
Sistem Kerja Insulin Meningkatnya kadar glukosa darah menyebabkan pankreas memproduksi insulin, yang kemudian menyentuh receptor dan membuka jalan masuk glukosa ke dalam sel. Dengan demikian kadar glukosa darah kembali normal dan sel mendapatkan energi.

 

Pada diabetisi tipe 1
Insulin pada diabetes tipe 1 Karena pankreas tidak dapat memproduksi insulin, maka glukosa tidak dapat masuk ke dalam sel jaringan.

 

Pada diabetisi tipe 2
Insulin pada diabetes tipe 2 Kerena pengaruh lemak, kerja receptor terhalang. Tinggal sedikit receptor yang berfungsi, yang berarti hanya sedikit pintu sel yang terbuka. Glukosa menimbun dalam darah tetapi sel kekurangan energi.

 


 

Glukosa Insulin sebagai kunci Receptor & Pintu Sel
Glukosa Insulin Receptor & Pintu Sel



Sumber: naturindonesia.com